PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU CERDIK TERHADAP TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI PADA PEKERJA HOME INDUSTRY DI DESA AMANSARI KARAWANG

Authors

  • Kustiyuwati STIKes Horizon Karawang Author
  • Sumiyasih STIKes Horizon Karawang Author
  • M.Rizki Ramadhiantoro STIKes Horizon Karawang Author

Keywords:

Hipertensi, Pendidikan Kesehatan, Perilaku CERDIK

Abstract

 Angka penderita hipertensi setiap tahunnya mengalami peningkatan dan diperkirakan telah menyebabkan kematian dunia per-tahunnya. Hipertensi dapat dikendalikan dengan cara pemberian pendidikan kesehatan, sesuai dengan standar intervensi keperawatan pemberian pendidikan kesehatan dapat membantu dalam mengendalikan hipertensi salah satunya pendidikan kesehatan tentang perilaku CERDIK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku CERDIK terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi pada pekerja home industry di desa Amansari Karawang.

Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan disain pre eksperimental menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini 210 pekerja di desa Amansari. Sampel 20 penderita hipertensi dengan teknik purposive sampling yang sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Pengambilan data menggunakan pengecekan tekanan darah sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan, dan hasil dari analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji T Paired Sample.

Dari hasil penelitian ini didapatkan p-value < α (p-value 0,00) sehingga pendidikan kesehatan tentang perilaku CERDIK berpengaruh terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi pada pekerja home industry di desa Amansari Karawang. Penelitian ini juga diharapkan berguna bagi masyarakat dan tenaga kesehatan sebagai salah satu tindakan keperawatan dalam meningkatkan perilaku hidup sehat dan dapat mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. 

Published

2020-09-01

How to Cite

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU CERDIK TERHADAP TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI PADA PEKERJA HOME INDUSTRY DI DESA AMANSARI KARAWANG. (2020). JURNAL KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN, 2(1). https://ejournal.horizon.ac.id/index.php/JKK/article/view/4

Similar Articles

11-20 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.